Kemenag, melalui Dirjen Bimas Kristen membuka Kegiatan The 3rd International Conference On Christian and Inter Religious Studies ICC-IRS.

By Yafet 69 Views

21 June 2024 17.32.50 WIB Umum

...

Dokumentasi (Depi)

Palangka Raya - Kegiatan The 3rd International Conference On Christian and Inter Religious Studies ICC-IRS yang berlangsung sejak tanggal 20 s.d 22 Juni 2024, dibuka oleh Direktur Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama, mewakili Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam Pembukaan Kegiatan ini hadir tamu undangan dari dalam dan Luar negeri (20 Juni 2024).

 

Dalam kesempatan ini Marie Tulung mengatakan bahwa Di bidang agama teknologi telah memfasilitasi akses yang lebih luas terhadap informasi dan pemahaman akan agama. 

"Kita dapat mengakses teks kitab suci agama dan diskusi spiritual dengan mudah melalui internet. Namun tantangannya adalah memastikan bahwa teknologi digunakan secara bijak untuk mendalami agamanya bukan sekedar  alat hiburan atau informasi semata," terangnya disela-sela sambutannya.

 

"Pendidikan juga mengalami perubahan yang sangat pesat di era digital sekarang ini. Para pelajar, mahasiswa memiliki akses tak terbatas pada sumber belajar, yang tentunya memungkinkan pembelajaran yang lebih inklusif, interaktif. Dengan perubahan ini, menjadi sangatlah penting kita tetap mempertahankan nilai - nilai etika, integritas dan keadilan dalam proses pendidikan kita", ucap Dirjen.

 

Diera Digital ini, Dirjen mengatakan bahwa sekarang ini yang paling dibutuhkan adalah Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

"Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam menghadapi era digital memerlukan pendekatan yang menyeluruh dan berkelanjutan", pesannya.

Diawal kegiatan ini Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya, Telhalia juga memberikan sambutan.

Disampaikannya bahwa IAKN Palangka Raya merupakan salah satu dari tujuh perguruan tinggi keagamaan Kristen negeri di Indonesia, dimana Semua berkomitmen untuk menjadikan masing-masing Perguruan Tinggi Negeri Kristen sebagai pusat studi Kristen dan lintas agama.

"Hari ini IAKN Palangka Raya menyelenggarakan Internasional Conference On Christian and Inter-Religious Studies (ICC-IRS). Semua PTKN dapat giliran untuk menjadi tuan rumah dan ini yang ketiga kalinya dilaksanakan. Pertama di laksanakan di IAKN Manado, kedua di IAKN Kupang dan yang ketiga dilaksanakan sekarang di IAKN Palangka Raya,” Jelas Telhalia.

 

Dengan diselenggarakannya The 3rd ICC-IRS yang mengusung tema “Religion Education, and Culture in Digital Era"  ia berharap menjadi forum yang produktif untuk bertukar pikiran , ide, penelitian dan juga pengalaman antara akademisi, praktisi dan pemangku kepentingan lainnya dari berbagai belahan dunia.

 

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang bisa dibarengi dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan kemanusiaan khusus pendidikan keagamaan Kristen di Indonesia. Selamat mengikuti Konferensi dan dengan penuh bahagia dan semoga Tuhan yang maha Esa memberikan kepada kita setiap saat kesehatan untuk dapat kita membangun dialog yang konstruktif", ucapnya menutup sambutannya.

 

Selanjutnya Para Narasumber dari Kalangan Rektor Pendidikan Tinggi Keagamaan Kristen memaparkan materinya masing-masing secara Daring dan Luring, diantaranya:

1. Dr. Harun Y. Natonis

“The Contribution of Christian humanism Education in strengthening the congregational faith in GMIT Pola Tribuana Northwest Alor”

2. Prof. Dr.Ir. Albiner Siagian, M.Si.

“Batak Friendship Culture: A Theological Study Based on Local Wisdom of the Toba Batak Tribe in Tapanuli Raya”

3. Telhalia,M.Th.,D.Th.

“Theology and Local Culture”

4. Prof. John Titaley, Th.D.

“Civil Religiosity in the Republic of Indonesia: Challenges and Opportunities”

5. Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T.,M.Pd.

“Implementation of Religious Moderation Values Through the Religious Moderation Village Program in North Sulawesi”

6. Prof. Sumanto Al Qurtuby*

“Religious Moderation in Digital Disruption Era”

7. Prof. Dr. Yance Z Rumahuru, M.A.

“Dialogue Transformation as a Method and Strategy for Religious Moderation and Transformation of Pluralistic Society”

8. Prof. Dr. Phil H Al Makin, S.Ag.,M.A.

“Building Interfaith Via Friendship”.

-

-

Humas
📷 Depi
🗞️ Edo
20/06/2024

-

-

#KementerianSemuaAgama

#ditjenbimaskristenkemenagri

#TransformasiLayananKemenag

#MakinDigitalMenjangkauUmat

#SahabatReligi 

#humas_iakn_pky 

#kampus_ungu_unggul 

#GCK_IAKN_PKY 

#bemfisikk_iaknpky

#fkipk_iaknpky 

#bemfskk_iaknpky

@2021 IAKN PALANGKA RAYA

Bagikan Halaman Ini :